Cara Memilih penyedia kesehatan mental yang tepat

Ketika dihadapkan pada kondisi kesehatan mental seperti depresi, kecemasan, atau gejala lain dari pikiran dan otak, mungkin sulit untuk mengetahui di mana menemukan perawatan terbaik. Sebagian, tantangan menemukan profesional yang tepat untuk Anda berasal dari cara yang sangat bervariasi di mana masalah kesehatan mental dapat muncul. Depresi seseorang, misalnya, mungkin sangat berbeda dari orang lain, […]

Ketika dihadapkan pada kondisi kesehatan mental seperti depresi, kecemasan, atau gejala lain dari pikiran dan otak, mungkin sulit untuk mengetahui di mana menemukan perawatan terbaik. Sebagian, tantangan menemukan profesional yang tepat untuk Anda berasal dari cara yang sangat bervariasi di mana masalah kesehatan mental dapat muncul. Depresi seseorang, misalnya, mungkin sangat berbeda dari orang lain, dan hal yang sama dapat dikatakan untuk kecemasan, stres pasca-trauma, obsesifitas, masalah perhatian, gangguan penggunaan zat, dan bahkan psikosis.

Menurut situs kesehatan SehatQ.com ada banyak jenis penyedia kesehatan mental di luar sana yang melakukan semua jenis pekerjaan klinis yang berbeda, Contohnya rumah sakit di semarang, RSUP Dr. Kariadi.

 Mungkin menakutkan untuk mengetahui di mana harus mulai mencari bantuan, tetapi sering memberi tahu dokter perawatan primer Anda tentang gejala Anda, dan jika perlu meminta rujukan ke spesialis, adalah tempat yang baik untuk memulai.

Jika dokter Anda menentukan bahwa faskes yang Anda perlukan, Anda mungkin akan dirujuk ke psikiater yang dapat melakukan penilaian global terhadap kebutuhan klinis Anda. Mungkin Anda akan mendapat manfaat paling banyak dari pendekatan perawatan terintegrasi yang menampilkan psikoterapi dan obat-obatan, atau Anda mungkin dirujuk terutama ke satu perawatan atau lainnya. Berikut beberapa informasi tambahan tentang berbagai jenis penyedia kesehatan mental dan perawatan yang mereka tawarkan untuk membantu mendiagnosis dan menangani masalah kejiwaan.

Psikiater

Psikiater adalah dokter medis yang telah lulus dari sekolah kedokteran dan menyelesaikan setidaknya empat tahun pelatihan khusus tambahan, melalui residensi dan seringkali persekutuan, dalam perawatan medis untuk gangguan mental. Karena pelatihan medis lanjutan mereka, psikiater dapat meresepkan obat dan juga memiliki setidaknya pelatihan dasar dalam sebagian besar pendekatan psikoterapi berbasis bukti. Beberapa memilih untuk menemui pasien untuk manajemen pengobatan saja, sementara yang lain fokus pada terapi dan yang lain mengintegrasikan kedua pendekatan tersebut ke dalam sesi klinis yang sama. Selain itu, psikiater umumnya merupakan satu-satunya penyedia kesehatan mental yang dapat melakukan terapi elektrokonvulsif, stimulasi magnetik transkranial, atau perawatan neuromodulator lainnya yang menggunakan perangkat untuk merangsang otak secara noninvasif dalam kasus yang parah atau resisten terhadap pengobatan.

Meskipun beberapa psikiater masih mempraktikkan psikoanalisis tradisional yang melibatkan beberapa sesi “di sofa” setiap minggu, pendekatan semacam ini menjadi kurang tersedia dan kurang umum dalam beberapa tahun terakhir, sebagian karena asuransi umumnya tidak menutupinya, dan untuk mempraktikkannya, penyedia harus menyelesaikan pelatihan psikoanalitik tambahan selama beberapa tahun setelah residensi. Seringkali, praktisi perawat psikiatrik atau “pemberi layanan kesehatan” terlatih lainnya dapat mengambil peran tradisional sebagai psikiater, meskipun penting bagi mereka untuk memiliki akses ke pengawasan yang memadai, terutama untuk kasus-kasus yang kompleks.

Terapis dan konselor

Banyak tipe profesional yang dapat memberikan variasi pendekatan psikoterapi yang digunakan dalam pengobatan gangguan kesehatan mental. Terapis yang telah memperoleh gelar PhD atau PsyD dengan fokus pada psikologi klinis, misalnya, mungkin memiliki pelatihan paling ekstensif dalam memberikan terapi bicara, termasuk terapi psikodinamik atau “berorientasi wawasan”, terapi perilaku kognitif, terapi interpersonal, dan lain-lain. Pekerja sosial klinis dan konselor kesehatan mental mungkin juga memiliki pelatihan yang sangat baik di bidang terapi tertentu yang dapat sangat membantu pasien. Terapis dan konselor bahkan mungkin menawarkan beberapa terapi, seperti eye movement desensitization and reprocessing (EMDR), yang umumnya kurang berpengalaman oleh psikiater.

Di masing-masing bidang ini, penting untuk diingat bahwa ada spektrum kualitas, dan karenanya penting bagi orang-orang dengan masalah kesehatan mental untuk menemukan penyedia yang terlatih dan terpercaya yang tampaknya cocok dengan mereka secara individu.